pedroalhambra.net

Berita Kriminal Terbaru

Cegah-Tindak-Kriminal-Dengan-Tips-Ini

Berita Terbaru – Kejahatan dan tindak pidana semakin banyak terjadi. Apalagi di jalanan, tempat para penjahat berkeliaran mencari korban. Baik itu pencopetan, penjambretan, penipuan, atau pelecehan seksual, ada banyak kejahatan di jalanan, dan kita bisa menjadi korbannya. Nah, berikut tujuh tips praktis yang bisa Anda praktikkan agar terhindar dari kejahatan di jalan raya. Tips berikut sangat berguna bagi Anda yang sering bepergian dengan berjalan kaki atau naik kendaraan umum.

1. Selalu waspada

Ini adalah cara paling dasar yang harus Anda latih untuk menghindari kejahatan. Anda tidak akan bisa menghindarinya jika Anda tidak waspada atau bahkan tidak sadar. Saat naik kendaraan umum misalnya, usahakan jangan sampai terlelap karena bisa meningkatkan risiko Anda menjadi korban kejahatan, terutama di malam hari.

Jangan terlalu terpaku pada layar gadget sampai Anda tidak menyadari siapa atau apa yang ada di sekitar Anda. Jika Anda ingin mendengarkan musik dengan headset, sesuaikan volumenya agar Anda dapat mendengar suara dari luar. Dan jika Anda berjalan sendirian di malam hari, lebih baik tidak menggunakan gadget sama sekali, tetapi fokuslah pada jalan dan lingkungan sekitar Anda.

2. Jangan Bepergian Sendiri

Jika Anda ingin pergi ke tempat yang jauh atau Anda belum pernah ke sana, jangan sesering mungkin pergi sendiri. Orang yang sendirian berisiko lebih besar menjadi korban, apalagi jika terlihat bingung mencari alamat yang ingin dituju. Anda bisa langsung menjadi sasaran para scammer atau orang jahat lainnya.

Apalagi jika Anda seorang perempuan dan ingin pergi keluar pada malam hari, sebaiknya Anda meminta seseorang untuk menemani Anda. Dan sebisa mungkin, tanyakan pada pria, apakah teman, pasangan, atau keluarga. Seorang penjahat mungkin masih berani berbuat jahat kepada dua perempuan, tapi umumnya mereka akan menghindari calon korban yang ditemani oleh laki-laki.

3. Memilih jalan yang padat

Saat berjalan, coba pilih jalan yang terang dan ramai. Terutama pada malam hari. Jangan merasa tersesat jika harus berbelok cukup jauh untuk menemukan jalan setapak yang jelas. Sedikit lelah lebih baik daripada harus berurusan dengan orang jahat tanpa bisa meminta bantuan siapa pun, bukan?

4. Hindari Memakai Perhiasan Berlebihan

Yang satu ini kemungkinan besar sudah Anda ketahui. Ya, menggunakan perhiasan secara berlebihan merupakan tindakan yang bisa memancing kejahatan. Barang mahal lainnya seperti gadget juga tidak boleh disingkirkan jika memang tidak terlalu membutuhkannya. Buatlah selalu sederhana dan hindari pamer demi keselamatan Anda sendiri.

5. Bawa Perlengkapan Perlindungan Diri

Dalam keadaan darurat di mana Anda dipaksa untuk menghadapi penjahat, Anda harus membela diri Anda sendiri sebanyak mungkin. Jika penjahat hanya mengincar barang-barang Anda, maka membiarkannya mengambilnya mungkin merupakan langkah paling bijak. Apalagi jika penjahat itu punya senjata. Tetapi jika penjahat menargetkan Anda, Anda harus melawan. Jadi sebisa mungkin bawalah selalu benda yang bisa kamu gunakan untuk membela diri.

Bisa jadi pistol setrum, semprotan merica, payung, atau bahkan sebatang besi yang Anda bawa untuk berjaga-jaga. Memiliki keterampilan seni bela diri juga dapat membantu, tetapi cobalah untuk menyimpan benda sebagai senjata untuk memudahkan Anda melumpuhkan penjahat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan benda itu untuk menangkis serangannya. Dan yang terpenting, jangan ragu untuk melumpuhkan bahkan melukai pelaku kejahatan, karena nyawa Anda bisa dipertaruhkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *